Minggu, 04 April 2010

Tips Mengamankan Alamat Email

Diposting oleh agus

Kali ini saya akan membagikan sedikit "Tips Mengamankan Alamat Email". Memiliki alamat email wajib bagi seseorang yang membutuhkan internet baik untuk kebutuhan komunikasi pada pekerjaannya ataupun dalam bersosialisasi dengan keluarga dan teman-temannya yang tersebar dimana-mana. Jika anda mempunyai account bank terkemuka dan menggunakan internet banking, terdapat option kolom email account yang harus diisi, gunakanya ; semua transaksi internet banking anda akan terkirim ke alamat email anda berupa laporan setiap transaksi. Berkirim dokumen lebih cepat dan efesien menggunakan email, dan menggunakan biaya yang relatif murah. Facebook yang fenomenal, Twitter yang menyenangkan, bahkan bergaul di komunitas forum terbesar di Indonesia seperti Kaskus, membutuhkan alamat email untuk mendaftarnya.

Jadi, ada email yg bisa anda gunakan hanya untuk senang-senang, seperti Facebook atau Twitter. Dan email digunakan untuk urusan bisnis dengan rekan anda. Menurut saya, jika semua service menggunakan satu alamat email, bayangkan berapa banyak email yang masuk ke inbox anda setiap harinya ? meskipun pada email anda mempunyai fasilitas spamm yang berguna untuk menyaring email-email yang tidak jelas. Sedikit tips dan saran untuk mengamankan alamat email, agar lebih mudah dan bahkan sangat aman menurut saya ;

- Buatlah email dan gunakan sesuai kepentingan dibagi beberapa level ;

1. Level pertama

Email untuk urusan yang penting dan sensitif, seperti rekening bank, rekening internet/telepon, web service hosting, domain, pembayaran online (paypal misalnya) semua yang menyangkut dengan keuangan dimasukan dalam email penting yang mempunyai level I dan menjadi prioritas utama.

2. Level kedua

Email untuk urusan pekerjaan dan bisnis ; seperti berkirim surat dengan rekan, menjadi anggota suatu komunitas, pendaftaran facebook, twitter dan lain-lain

3. Level ketiga

Email untuk urusan yang tidak begitu penting tapi dalam prosesnya membutuhkan alamat email. Misalnya anda menginstall software pada komputer anda atau anda mengisi komentar atau buku tamu pada website –gunakan email dengan tingkat keamanan level ketiga ini.

Dengan cara seperti ini anda bisa membedakan email mana yang lebih dulu anda periksa.

- Gunakan Free Email, dan buatlah dibeberapa Free email yang sudah terkenal.

rekomendasi gunakan Gmail, Yahoo, Live, atau AOL untuk pembuatan account email. bukannya tidak cinta dalam negeri ; beberapa email dalam negeri pada portal/web besar sangat dipercaya TAPI fasilitasnya masih kalah dengan free email yang saya sebutkan tadi –dari segi kapasitas, tampilan dan keamanannya. Bahkan perusahaan TV saja menggunakan email gratisan seperti gmail untuk komunikasi email pada program-programnya.

- Biasakan untuk logout setelah selesai menggunakan email anda

Inilah salah satu penyebab terbesar kenapa account email seseorang sering dijebol orang lain, penting untuk selalu me-logout email accountnya sebelum anda menutup browser atau selesai menggunakannya. Apalagi jika menggunakan komputer yang sering diakses oleh publik, warnet/kantor misalnya.

- Jangan biasakan menggunakan password yang mudah sekali ditebak.

Meskipun tidak semua orang di dunia ini tahu tanggal lahir anda, tapi sangat tidak bijak apabila menggunakan password/sandi menggunakan alamat email. Sekedar saran gunakan angka, huruf, dan huruf besar/kecil sebagai kombinasi password anda. Biasanya panjang password minimal 6 angka/huruf. Pada beberapa email service wajib menggunakan lebih dari 8 angka/huruf, saya sarankan gunakan lebih dari 10 digit misalkan untuk password (contoh) p455w0rd54y4 password contoh ini cukup kuat untuk melindungi email anda. kemungkinannya ; 12digit x 26huruf x 10 angka = 3120 kemungkinan tebakan ! itupun belum termasuk huruf besar/kecil, karakter special dan di dibeberapa email service, apabila memasukan password tebakan ini menggunakan software khusus (brute forced) lebih dari 3 kali dan masih tetap salah. Maka akan muncul verifikasi CAPTCHA [id.wiki] yang merupakan fasilitas pengamanan dari web email apabila seseorang berusaha login dengan menggunakan fasilitas khusus.

- Jangan “klik” link pada email yang masuk apalagi dari pengirim yang tidak jelas.

Email masih digunakan para pelaku kriminal untuk memperdaya si penerima agar meng-klik alamat situs yang mereka kirimkan. Inilah gunanya antivirus, bergaul di komunitas online di internet dan membaca portal-portal news seperti detik, okezone, kapanlagi. Pada bagian khusus membahas mengenai internet dan teknologi.

- Apabila menggunakan komputer publik

Perhatikan dan pastikan tidak ada hardware/software yang bersifat keylogger. Software ini sanggup mencatat, merekam apa yang kita liat di monitor pada waktu tertentu dan tersimpan pada file khusus, parahnya catatan ini dapat dengan otomatis terkirim/upload pada email atau website tertentu.

- Gunakan managment email pada point pertama tadi, mungkin saja levelnya akan bertambah atau berkurang sesuai kebutuhan anda.



Demikian "Tips Mengamankan Alamat Email" yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat.


Article By: Udung

Posts Relacionados:

4 Komentar:

kursus les private jakarta mengatakan...

Wah saya baru tahu kalau ada cara seperti ini, berarti saya harus lebih banyak belajar lagi di tempat kursus les private agar lebih pandai dan melek teknologi.

photobooth murah mengatakan...

wah betul juga gan, agar tidak terjadi penumpukan terhadap inbox yang masuk, maka perlu mengelompokkan email beserta fungsi nya

atap pvc mengatakan...

betul sekali sampai sekarang saya selalu mengelompokkan email berdasarkan fungsi nya, karena untuk memudahkan juga.

Digital Printing 24 Jam Jakarta mengatakan...

betul gan, dan jangan lupa gunakan verifikasi 2 langkah jika menggunakan Gmail.

Posting Komentar

Blog ini blog dofollow. Semua komentar anda akan kami arahkan ke Search engine. Komentar yang rapi, harap jangan Spam OK?


Submit artikel | Jasa Penulisan Artikel | Support By:Lowongan Penulis | Lowongan Kerja Penulis